Kajian V – Gambaran Seorang Ibu dan Peranannya dalam Keluarga

Ibu Muslimah

🌺KAJIAN V – Gambaran Seorang Ibu dan Peranannya dalam Keluarga🌺

Assalamu’alaikum Ibuu Shalihah, kita lihat yuk bagaimana peran ibu dan pola karakter anak di usia-usia tertentuu. Semoga tulisan dari Grup Whatsapp ‘Belajar jadi Ibu Shalihah’ ini berguna yaa :)) yuk disimak, Ibu..

Peran utama seorang ibu dalam keluarga terletak pada sifat keibuannya. Keibuan merupakan landasan utama bagi ketenangan seorang wanita.

Keutamaan sifat keibuan mereka tampak dalam pendekatan kulit fisik antara ibu dan anaknya, khususnya bila masa menyusui sempuran selama dua tahun. Seorang ibu menyebut nama anaknya sambil bernyanyi untuknya dan menyentuhnya dengan lembut dan sayang. Interaksi ini dapat mempererat hubungan baik antara keduannya dan mempercepat kepekaan indera anak.

Seorang ibu terkadang sangat berlebihan dalam menggendong anaknya. Bila diperhatikan, mereka jarang sekali menggunakan baby box. Biasanya mereka membawa sendiri dengan tangannya dan sang anak merasakan langsung kehangatan serta kelembutan ibunya. Untuk waktu tidur dan makan, anak tidak terikat dengan jadwal, tetapi sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Semua bersifat spontan dan elastis. Anak mendapat perhatian, kasih sayang, dan kemanjaan dari orang-orang dewasa di sekitarnya. Masa-masa kanak-kanak mereka bercirikan kehangatan, kebebasan, keriangan, dan keterbukaan keluarga yang rata-rata bersifat penyayang, pendukung, dan mempunyai rasa persaudaraan yang kuat. Anak-anak yang berusia 3-5 tahun biasanya berkarakter pengertian, riang, dan energik sedangkan anak-anak usia 8-11 tahun biasanya berkarakter lebih terarah, sopan, dan kadang tampak pemalu.

Inilah gambaran karakter anak-anak pada umumnya, namun kadang terjadi perubahan positif tiba-tiba di sebagian keluarga karena meningkatnya intelektualitas kedua orang tuanya. Kadang juga terjadi dampak negatif karena dampak globalisasi, westernisasi, dan media massa.

Disalin dari Buku Ensiklopedi Pendidikan Anak Muslim (Mausu’atut-Tarbiyatil-‘Amaliah lith Tifl) karya Hidayatullah Ahmad Asy-Syas

Oleh : MSN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s