Catatan untuk Kita

image

Kita memang tak pernah tahu dengan siapa kita bertemu dan kita tak pernah ingin tahu siapa yang akan Allah perkenankan hadir dalam hidup kita.

Kita juga tak pernah tahu ujian apa yang ditakdirkan untuk kita,

Yang kita tahu kita hanya perlu melewatinya dengan cara-cara yang Dia sukai.

Allah, bukan tanpa sebab memberikan sebuah peristiwa dalam hidup kita,
Bahkan daun jatuh pun Allah takdirkan ia untuk jatuh karena sebuah sebab.

“Sebab-sebab” inilah yang dapat kita petik hikmahnya, hikmah yang mungkin akan kita kenang seumur hidup kita, hikmah yang akan menguatkan kita dalam menjalani ujian dan tantangan-tantangan yang lebih besar dalam hidup.

Seperti kata Allah dalam surah Al Baqarah 269

Yu’til hikmata mayyasyaa wamayyu’tal hikmata faqod uutiya khoiron katsiraa wa maa yadzakkaru illaa ulul albaab..
“Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat.”

Sebagai perenungan dari ayat tersebut, Allah jelas akan memberi hikmah pada siapapun yang Allah kehendaki, Allah punya hak penuh atas hal tersebut. Dan ketika kita mampu menangkap hikmah, Allah janjikan kita sebagai orang-orang yang menerima kebaikan yang banyak.

Sudah sepatutnya kita yang mengaku memiliki akal sehat ini mampu menangkap setiap hikmah dan menerimanya sebagai sebuah kebaikan, bukan kebaikan saja, tapi kebaikan yang banyak.

Begitupun setiap kejadian-kejadian dalam hidup kita baik kejadian yang menyenangkan hati kita karena apa yang kita mau sesuai dengan takdir-Nya, maupun kejadian yang kita mau tidak sesuai dengan takdir-Nya pastilah memiliki hikmah. Asal kita saja yang mau menerimanya atau tidak.. asal kita saja mau menangkap hikmah tersebut atau tidak.

Setiap pertemuan perpisahan atau pertemuan kembali pun pasti memiliki hikmah. Setiap kerisauan, kegundahan, kesenangan, bahkan mata yang mampu berkedip pun memiliki hikmah.

Jangan pernah luput dari hikmah yang Allah berikan. Karena hikmah itu ada untuk menguatkan kita di detik-detik kehidupan kita ke depan sampai yaumul akhir nanti, mungkin.

Kuatlah dengan hikmah, kuatlah dengan apa yang sudah Allah kehendaki sebagai “hikmah kita”. Kuatlah, karena Allah ingin melihat kita tersenyum di gerbang jannah-Nya. Kuatlah, karena Allah ingin menyambut kita di syurga-Nya.

Allahua’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s