Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship Mulai Dari Kehidupan Di Kampus

Image

          “Jiwa muda jiwa yang berapi-api” begitulah kata orang bijak. Namun ternyata kata bijak ini tidak selalu dimiliki pada setiap insan muda Indonesia. Banyak anak muda yang terlantar di jalanan, menganggur, membuat kerusakan, dsb. Apa sebenarnya yang menyebabkan hal ini terjadi? Kurangnya kegiatan positif yang dilakukan pemuda bangsa diakibatkan pengangguran dapat menjadi salah satu penyebabnya. Ratusan ribu Mahasiswa banyak yang tidak memiliki pekerjaan tetap seperti yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pengangguran sarjana atau lulusan universitas pada Februari 2013 mencapai 360 ribu orang, atau 5,04% dari total pengangguran yang mencapai 7,17 juta orang. Bisa dibayangkan jika lulusan kampus saja banyak sekali yang menganggur, bagaimana dengan jumlah penganggur lulusan SMA, SMK, STM, atau yang tidak bersekolah sama sekali? Solusi apa yang sekiranya bisa menanggulangi permasalahan pengangguran di kalangan anak muda yang akan memegang bangsa ini 20-30 tahun ke depan?

            “Entreperenurship” atau kewirausahaan menjadi salah satu solusi yang selalu digadang-gadang pemerintah mampu menanggulangi permasalahan pengangguran karena mampu membuka ladang pekerjaan bagi banyak orang. Oleh karena itu semenjak beberapa tahun terakhir, berbagai kalangan mulai dari pemerintah sampai tingkat civitas pendidikan mulai menggaungkan kewirausahaan melalui berbagai cara seperti training, seminar, lomba, award, dsb. Meski telah digaungkan, rupanya berbisnis bukanlah hal mudah, para pebisnis sukses banyak yang menyatakan bahwa berbisnis adalah pembelajaran seumur hidup. Grafik pendapatan pun akan selalu naik turun terlebih para wirausaha akan cenderung defisit di awal pembangunan bisnis. Keterbatasan modal juga menjadi salah satu hambatan seseorang untuk berwirausaha. Hal-hal tersebut lah yang membuat kebanyakan orang enggan menjajal dunia kewirausahaan sehingga banyak yang memilih tetap melamar pekerjaan hingga pada akhirnya menganggur karena tidak mampu bersaing memasuki perusahaan.

Meski begitu jangan takut untuk berbisnis karena memang banyak sekali tantangan yang akan dilalui oleh setiap pelaku usaha. Pertama, mulailah sejak dini. Kewirausahaan menjadi sangat penting untuk dicoba sejak muda. Mengapa? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kewirausahaan adalah pembelajaran seumur hidup. Selalu ada trial dan error di setiap proses berwirausaha maka itu perlu waktu sedini mungkin untuk menjajal dunia wirausaha karena banyak pembelajaran yang harus kita lakukan.

Kedua, manfaatkan fasilitas yang ada. Banyak fasilitas untuk berwirausaha yang diselenggarakan belakangan ini di kampus-kampus seperti seminar dan training. Fasilitas seperti ini bisa menjadi ladang ilmu bagi para mahasiswa dalam dunia berwirausaha. Membaca buku-buku kewirausahaan juga dapat menjadi salah satu ladang ilmu bagaimana berwirausaha. Memperluas jaringan dengan mengikuti berbagai komunitas dan organisasi yang berkaitan dengan dunia wirausaha juga sebaiknya dilakukan karena dapat berguna bagi bisnis yang kita jalankan.

Ketiga tentunya mencoba untuk mulai berbisnis. Memulai bisnis tidak mesti dilakukan dengan sesuatu yang besar. Kita bisa mencoba memulainya dengan berjualan kecil-kecilan di kampus sambil memperluas jaringan dengan banyak teman. Penggunaan media sosial juga bisa menjadi pasar bagi bisnis kita jika kita dapat memanfaatkannya secara optimal. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bangun kepercayaan antara kita dengan konsumen dengan kejujuran.

            Terakhir adalah jangan lupa untuk selalu menebarkan semangat berwirausaha kepada teman-teman muda lainnya. Dimulai dari diri sendiri lalu berikan inspirasi kepada mereka sehingga akan makin banyak wirausaha-wirausaha lainnya yang membantu memperluas ladang pekerjaan dan membuka kesempatan pekerjaan bagi banyak masyarakat di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s