Turning 19 in Ramadhan!

Pagi hari yang cerah, alhamdulillah masih diberi umur dan nikmat yang tak terhitung hingga detik saya menulis ini. Banyak sekali kejutan di pagi hari ini, Sabtu pagi, 21 Juli 2012 dimana hari ini hari pertama sebagian umat Muslim di Indonesia melaksanakan shaum Ramadhan. Walaupun tak ikut sahur pagi dan puasa hari pertama, euphoria Ramadhan tetap saya rasakan di hari ini. Puluhan ucapan selamat ulang tahun datang dari sms, twitter, dan facebook. Bahagia sekali hari ini mendapat banyak do’a yang baik dari teman dan keluarga.

Sabtu pagi ini, sangat banyak sekali kejutan, mulai dari detik pertama di hari Sabtu.

Pertama, tentang SMS itu

Malam itu, hari Jum’at 20 Juli 2012 saya mendapat sms dari teman satu angkatan Ars, isinya berita duka bahwa teman saya, Saugie Yokka, sudah menderita kanker akut pasca operasi amputasi kaki nya. Berita yang paling membuat saya sangat terkejut, umur Ogi kata Dokter tinggal menunggu saja. Yaa Allah semoga Ogi diberikan ketabahan dan dihapuskan dosa-dosanya atas kesabarannya, juga diberikan sebuah keajaiban bulan Ramadhan suci ini. Dari sms itu saya mendapat banyak pelajaran untuk direnungkan. Alhamdulillah sampai detik ini saya belum ada penyakit yang memberatkan, Alhamdulillah sekali saya mendapat nikmat yang sangat banyak. Saya belajar dari pengalaman yang Ogi sedang alami bahwa, hidup kita benar-benar sebentar di dunia ini. sangat disayangkan jika saya belum melakukan hal-hal yang berarti. Bersyukur! sangat-sangat bersyukur atas nikmat-Nya! Alhamdulillah

Kedua, tentang lomba pertama saya

Sudah setahun hidup di Universitas megah ini, baru kali ini saya merasakan kompetisi yang benar-benar dirancang oleh saya dan tim saya yang kesemuanya masih awam untuk lomba proyek sosial, setelah kompetisi yang sebelumnya saya ikuti bukan saya yang benar-benar menjadi tim pemikirnya. Ya. Ini kompetisi pertama saya yang benar-benar saya dan tim saya kerjakan dengan penuh perjuangan (agak lebay sih hehe). Unilever Leadership Action on Sustainability (ULAS), pernah dengar? yap! ini lomba yang diselenggarakan oleh Unilever yang isinya tentang kompetisi ide-ide proyek sosial yang nantinya akan direalisasikan di sekitar Jabodetabek. ULAS memang baru pertama diselenggarakan di Indonesia, khususnya di daerah Jabodetabek. Namun peserta yang berminat ikut sangat banyak. Saya sendiri baru tahu kalau ada proyek sosial yang dilombakan begitu mengikuti kompetisi ini. Akhirnya saya apply, tim saya Ita Alvionita, Frizon Akbar Putra dari FE, dan Fathima Asyahidatu Zahra dari FT. Saya sudah mengenal mereka dengan sangat baik, karena mereka memang teman satu SMA saya. Jadi saya putuskan untuk mengajak mereka yang kompeten dan cerdas tentu!🙂

Pada awalnya kami ingin fokus pada masalah danau UI, khususnya danau Puspa yang sampahnya begitu banyak, terkadang nyaris menutupi 1/4 luas danau. Kami melakukan survey dan  bertanya dengan pihak perusahaan yang memenangi tender sebagai perusahaan yang mengurusi kebersihan di UI. Banyak kendala, dana yang diperlukan untuk pembersihan ternyata sulit, dan akar permasalahannya sangat panjang sehingga masalah danau UI ini belum bisa kami pecahkan. Singkat cerita, setelah survey panjang mulai dari danau hingga pasar Depok, kami memutuskan untuk mencari isu lain. Beberapa hari mentok, had no idea sekali saat itu. Suatu siang, saya melihat poster Pelatihan Nasional Pengabdian Masyarakat di perpustakaan UI, saya pikir mungkin pelatihan ini akan sangat berguna untuk kompetisi ini! Saya dan Fathima saat itu sangat tertarik dan akhirnya memutuskan ikut, sekalipun biaya Pelatihan yang kami ikuti terbilang sangat tidak murah untuk ukuran Mahasiswa. (Mahal banget lah haha) Di Pelatihan tersebut kami mendapat banyak sekali ilmu. Ternyata pelatihan tersebut memang sangat ditujukan untuk dosen sehingga para pesertanya kebanyakan Professor, Doktor, wah pokoknya hebat-hebat deh!

Dari situ saya mengenal seorang Professor dari FT, Prof. Bondan T. Sofyan. Beliau kemudian secara tidak langsung seperti menjadi pembimbing kami untuk kompetisi ini. Prof. Bondan juga seorang ketua FLIPMAS Jabodetabek, (Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat) se-Jabodetabek. Dari beliau kita mendapat sebuah isu di daerah Mampang, Kota Depok. Kami dikenalkan kepada Bu Camat, Pak Lurah, hingga Pak RT disana. Yap akhirnya isu pun kami temukan. Dan keluarlah ide proyek kami, Greenarian. Senang sekali, rupanya jalan kami dimudahkan oleh Allah hingga detik itu. Survey pun sudah dilakukan, sampai pembuatan proposal serta pengumpulannya. Alhamdulillah kami pun lolos 20 besar. Sebuah kebanggaan dan sangat gembira sekali rasanya saat itu. Namun, masih ada satu tahapan lagi untuk mencapai 10 besar. Video Campaign. Video dibuat oleh teman saya, Frizon Akbar Putra. Video sederhana namun kece pun dibuat dengan sangat cepat dan diupload juga dengan sangat cepat. Setelah itu semua selesai, akhirnya mulailah pertarungan meminta ‘like’ dari teman-teman di facebook.

Videonya ini…

http://www.youtube.com/watch?v=6YBGgmeqiRQ

Pertarungan sangat ketat dan cukup melelahkan. 10 hari kami berkampanye sampai akhirnya pengumuman esok hari. Semalam sebelum pengumuman, perasaan sangat kecewa saya rasakan karena kami tidak mendapatkan 3 like terbanyak di ULAS. Saya pun hanya berdoa yang terbaik untuk tim kami. Esok paginya, saat 21 Juli pagi pukul 06.00 ibu memberi ucapan selamat ulang tahun pada saya serta memberitahu bahwa tim saya tidak lolos 10 besar. Saya berucap, “yaaah, yaaah..”. Perasaan sedih dan sangat kecewa benar-benar saya rasakan saat itu.

Kemudian saya berusaha membaca Al-Qur’an pagi itu dan berharap mendapat pencerahan. Benar-benar pencerahan. Ayat yang saya pilih secara random, memberikan banyak pesan dan nasihat. Saya tahu bahwa saya masih perlu banyak sekali improve pengetahuan agama serta pendekatan pada Allah. Tilawah pagi itu menjadi tilawah penuh arti serta buliran air mata. Perasaan campur aduk. Entah mengapa seharian penuh menjadi gloomy day bagi saya. Sudah saya usahakan membaca buku La Tahzan hari itu, namun tetap saja ada perasaan mengganjal di hati.

Yasudahlah, tak apa. Malamnya, saya merenung dan berpikir bahwa, Lomba pertama ini adalah awal dari keberhasilan-keberhasilan selanjutnya. Pasti! Karena Allah sudah berjanji dan berkata dalam Surah Al-Insyirah ayat 5-8.

5. “Maka, sesungguhnya, bersama kesulitan itu ada kemudahan”

6. “Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”

7. “Maka, apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain)”

8.  dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

Keempat ayat tersebut benar-benar memberi suntikan semangat pada saya. Pasti setelah kejadian pada Ulang tahun saya kali ini, ada rahasia tersembunyi yang Allah berikan. Pasti akan ada kemudahan-kemudahan yang muncul setelah rentetan kejadian hari ini. Saya percaya itu. Tapi (ada tapinya nih) seperti di ayat 7 & 8, Saya masih harus berusaha lagi, tetap bekerja keras mengerjakan hal lain dan tetap berada di jalur-Nya. Bismillah. Semoga kemudahan itu benar-benar datang, pasti!

Anw Thanks a lot buat Tim saya tercintah yang kompak banget (Ita Alvionita, Frizon Akbar P, Fathima Asyahidatu Z) jangan pernah kapok ikut lomba proyek sosial lagi, ya!🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s